Belajar Fitur-Fiturnya WordPress Terus

Gutenberg nya WordPress ini semakin jauh semakin dibenamkan sama Automattic, memberikan kebebasan mengatur tampilan dengan memanfaatkan beragam fitur dan plugin ke Gutenberg, para pengembang Tema pun sekarang wajib menyertakan dukungan desain bebas ini.

Setidaknya ini yang harus dilakukan kalau Temanya nggak mau ditinggalkan pengguna. Entah kemana masa depannya nanti tapi WordPress sejauh ini masih terus memaksa dan juga memeberikan fitur2 Gutenbergnya kemana-mana. Bahkan yang terbaru, Widgetnya di WodPress 5.8 ini juga sudah full support Gutenberg ini.

Saya sendiri selama ini make Guterberg WordPress sekedar make. Wong ngeBlog saiki yo wis sak tekane, jadinya fitur2 dari WordPress yang tiba-tiba sudah bergerak sampai sejauh ini kadang membuat saya juga mumet sinau dewe.

Tapi intinya saya suka sih ENVOLVE nya WordPress ini. Ditengah serbuan serba Instant dengan hadirnya penertrasi Sosial Media dan juga Layanan Messenger. WordPress masih bertahan dengan Mesin Blognya.

PAKDHW.net

Walaupun Blogger sekarang masih ada tapi tapi saya melihat DERAPnya sudah nggak secepat dulu. Sekarnag orang orang suka share tipis-tipis dan pendek-pendek. Mereka pada lari ke Twitter, IG, Facebook ataupun di lingkungan yang lebih terbatas lagi seperti WhatsApp Group maupun Telegram.

Dunia Online memang selalu ENVOLVE dan WordPress perlahan tapi pasti masih mencoba mengikuti TREN dengan caranya sendiri.

Walaupun ngeBLOG saya juga sudah BERLING tapi saya masih suka mengikuti apa dan kemana WordPress membawa Mesinnya ini.

Tetap Semangat MATT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.